Visi dan Misi
VISI
"TERWUJUDNYA INSAN RELIGIUS DAN BERKARAKTER, UNGGUL DALAM PRESTASI, MENGUASAI IPTEK, SERTA PEDULI LINGKUNGAN ”
Indikator Visi :
- Meningkatnya kemampuan baca tulis Al-Qur'an mencapai (+ 5 %).
- Meningkatnya pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) (+ 0,5 %).
- Meningkatnya proporsi lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi negeri (+ 1,25 %).
- Mampu meraih prestasi dalam bidang akademik.
- Terciptanya sekolah yang berbudaya hidup sehat.
- Memiliki minimal 1 (satu) cabang olahraga yang mampu menjadi juara di tingkat kabupaten.
- Meraih juara dalam 2 (dua) cabang lomba seni setingkat kabupaten.
- Terciptanya kualifikasi dan kesesuaian ketenagaan (+ 0,5 %).
- Meningkatnya jumlah pendaftar calon peserta didik baru (+ 1 %).
- Melek internet pada seluruh warga sekolah.
MISI
- Menigkatkan prestasi akademik melalui proses pembelajaran yang efektif, kreatif, inovatif dan menyenangkan.
- Meningkatkan prestasi non-akademik melalui pembinaan dan pengembangan kreatifitas seni budaya, olahraga, religi, dan organisasi.
- Menigkatkan nilai-nilai keterampilan khusus, seperti informasi teknologi dan berbahasa asing.
- Mengembangkan potensi/bakat yang dimiliki peserta didik dalam berbagai bidang.
- Meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa melalui amaliah keagamaan dalam segala aspek kehidupan.
- Meningkatkan budi pekerti, rasa persaudaraan, dan toleransi dalam suatu komunitas multikultur.
- Menigkatkan rasa cinta terhadap lingkungan, hidup sehat, tertib dan nyaman.
- Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah (Stakeholder).
- Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan yang efektif dalam mengoptimalkan potensi siswa.
- Menciptakan sekolah asri, kondusif, dan konstruktif dengan perilaku hidup sehat serta peka terhadap lingkungan.
- Menumbuhkan penghayatan ajaran agama, budaya bangsa sebagai kearifan dalam berperilaku.
- Mengembangkan partisipasi warga sekolah dan komite sesuai dengan tugas dan fungsi.